Validitas dan Reliabilitas


         Ada berbagai cara dan metode yang dapat dilakukan oleh seorang peneliti dalam meneliti perilaku masyarakat atau konsumen, seperti menayakan langsung kepada sumbernya (biasa disebut interview langsung), ataupun menyusun sejumlah pertanyaan tertulis untuk memperoleh informasi yang diinginkan (kuesioner). Menurut Arikunto (1997:140), kuesioner adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi responden dalam arti tentang pribadinya, atau hal-hal yang ia ketahui dalam penelitian. akan tetapi alangkah baiknya apabila kedua metode itu dilakukan secara bersama-sama untuk memperoleh data/informasi yang akurat. Dalam pembahasan ini saya hanya mencoba menerangkan bagaimana menggunakan kuesioner sebagai alat penelitian, pemberian bobot, pengukuran (Valid) dan keandalan pengukuran (Reliabel).
      a. Alat Penelitian
         Adapun pengukuran data dalam kuesioner menggunakan teknik skala likert yaitu dengan menyusun beberapa pertanyaan pada kuesioner yang dibuat dalam bentuk pilihan berganda dan setiap pertanyaan disertai alternatif jawaban yang harus dipilih responden dan masing-masing item jawaban diberi bobot yang berbeda. Adapun kategori skor (bobot) yang diberikan pada setiap item jawaban adalah sebagai berikut :

No
Keterangan
Skor
1
Sangat Menarik/Setuju
5
2
Menarik/Setuju
4
3
Netral
3
4
Tidak Menarik/Setuju
2
5
Sangat Tidak Menarik/Setuju
1
     b. Pengujian validitas (kesahihan) kuesioner

    Pengujian validitas adalah pengujian item-item pertanyaan dalam koesioner yang bertujuan untuk mengetahui apakah item-item pertanyaan tersebut benar-benar dapat mengukur konsep-konsep yang dimaksudkan dalam penelitian dengan tepat. Butir-butir pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner. Hal ini memberikan dukungan bahwa butir-butir pengukuran yang dijadikan indikator penelitian terbukti memiliki validitas isi (content validity) yaitu butir-butir pengukur tersebut merupakan alat ukur yang mencukupi dan representative yang telah sesuai dengan konsep teoritis (Cooper dan Schindler, 2003: 318).

Study Kasus

Soal  1.         Dengan menggunakan metode Anova-Oneway        Seorang peneliti melakukan penelitian mengenai rata-rata harga jual 3 buah...